Gaya Peterpan ada di Titans

Jakarta (ANTARA News) – Kendati ingin tampil sebagai band yang sepenuhnya memiliki karakter khas dan baru, The Titans, yang antara lain digawangi dua mantan personel Peterpan, Andika dan Indra, belum mampu melepaskan diri sepenuhnya dari warna musik Peterpan.

Hal itu setidaknya diakui secara tidak langsung oleh produser Arnel dari label besar EMI yang menangani The Titans

“Kalau ada kemiripin itu wajar, karena dua personel band ini dari Peterpan,” katanya saat peluncuran album debut The Titans di Jakarta, Jumat.

Ia juga mengatakan, pengaruh Indra sebagai pencipta lagu tidak bisa dipungkiri bakal menghasilkan kesamaan warna dengan Peterpan.

Meskipun demikian, Arnel mengatakan bahwa kelompok musik yang ditanganinya ini memiliki kemampuan yang ia yakini bakal membawa mereka pada kesuksesan.

“Saya yakin band ini akan menjadi besar,” katanya.

Sementara itu, Andika mengatakan, dirinya tidak berniat sama sekali untuk menciptakan sebuah persaingan dengan band lamanya.

Ia menyatakan, selain dirinya dan Indra, masih ada empat personil yang masing-masing memiliki karakter berbeda satu sama lain, berangkat dari band-band lain.

Titans memang diperkuat oleh vokalis Rizki, yang pernah bergabung dengan band alumni Dream Band, Ize, pemain dram Tomtom (T-Five), gitaris Oni (Five Minutes), dan Imot (sampling, synthetizer dan program) yang pernah berkiprah bersama Rock N Roll Mafia (RNRM).

“Notasi musik hanya tujuh. Sepertinya kita memang tidak bisa lari keluar dari sana,” katanya menanggapi pertanyaan wartawan seputar kemiripan The Titans dengan Peterpan.

Selain itu, katanya, band barunya ini memang masih berkiprah di jalur pop.

Menurut Indra, dirinya dan Andika sama sekali tidak mengharuskan empat personil lainnya untuk memainkan musik sesuai keinginan mereka.

“Masing-masing bebas memainkan karakternya,” katanya.

Untuk album debutnya, The Titans mengandalkan single “Rasa Ini”, yang juga dibuatkan video klipnya untuk kepentingan promosi.

Lagu itu, menurut Andika, sedikit banyak menggambarkan visi dan misi band, yakni memberikan rasa musiknya kepada masyarakat luas.

“Ini band baru dan kita tidak berharap yang muluk-muluk. Kita hanya ingin membagikan musik kita kepada masyarakat,” katanya.

Seluruhnya berisi 11 lagu, album “The Titans” digarap dalam waktu singkat, cuma dua bulan, mulai awal Januari hingga akhir Pebruari 2007.

Bendera The Titans resmi dikibarkan pada 8 Desember 2006, setelah dua bulan keenam personilnya sering kumpul dan jalan bersama.

“November lalu kita ketemu, terus sering kumpul dan jalan bareng. Nonton bersama, makan bersama dan ke tempat-tempat `hang out` bersama. Kita enggak pernah ‘ngomongin’ soal band,” katanya.

“Kesepakatan untuk nge-band pun mengalir begitu saja tanpa direncanakan, sampai akhirnya kita semua sepakat,” ujarnya menambahkan. (*)
Track List

1. Amarah

2. Rasa Ini

3. Bila

4. Terindah

5. Bukan Aku

6. Hingga Nanti, Sampai Nanti

7. Seandainya

8. Batas Waktu


9. Lakukan Saja

10. Wahai Bintang*
11. Setia*